Tags

Tidak sedikit orang yang tetap ingin eksis di dunia sosial media. Bahkan ada yang  membawa telepon seluler ke mana saja mereka berada, tidak terkecuali ke kamar mandi. Namun, tahukah Anda bahwa membawa telepon seluler ke kamar mandi sama saja dengan Anda menjemput bakteri penyebab penyakit untuk berada di tubuh Anda?

Menurut penelitian, telepon seluler merupakan benda yang paling terkontaminasi bakteri bila dibandingkan dengan tempat duduk toilet. Karena itu, penggunaan telepon seluler di kamar mandi dapat meningkatkan risiko terjadi kontaminasi bakteri Salmonella (penyebab utama dari penyakit yang disebarkan melalui makanan) dan bakteri Clostridioum Diffile yang dapat menyebabkan gangguan di saluran pencernaan.

Berikut adalah beberapa kiat untuk mencegah terjadinya penyebaran kuman di telepon seluler:

1. Selalu mencuci tangan terutama setelah dari kamar mandi.
2. Cuci tangan menggunakan sabun dan air di seluruh permukaan tangan, termasuk di sela-sela jari tangan dan di bawah kuku selama dua puluh detik.
3. Jika tangan Anda sudah bersih, hindari menyentuh langsung gagang pintu. Anda bisa menggunakan tisu saat menyentuh gagang pintu tersebut.
4. Jika tidak ada sabun dan air di sekitar Anda, gunakan cairan pembersih berbahan dasar alkohol untuk membersihkan tangan Anda.
5. Bersihkan area permukaan telepon seluler Anda dengan menggunakan alkohol.

Untuk menghindari penyebaran bakteri, maka bijaklah menggunakan telepon seluler Anda di tempat yang memang seharusnya digunakan. Hindari membawa telepon seluler ke dalam kamar mandi untuk memperkecil risiko terjadi penularan penyakit yang berhubungan dengan saluran pencernaan.

Sumber: http://www.klikdokter.com