Tags

, ,

Dokter saya ingin bertanya, apakah silet cukur yg digunakan bergantian di tempat cukur dapat menularkan virus HIV? kemarin saya bercukur dan diakhirnay dirapikan menggunakan silet dan secara tidak sengaja telinga saya tersayat oleh silet itu, silet itu sebelumnya digunakan untuk klienya yg lain juga, apakah saya beresiko tinggi untuk tertular virus HIV? saya benar-benar takut dokter… mohon jawabanya.. terimakasih
Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.
Kami memahami kekhawatiran yang anda rasakan. HIV umumnya ditularkan melalui kontak langsung antara membran mukosa atau aliran darah, dengan cairan tubuh yang mengandung HIV, seperti darah, air mani, cairan vagina, dan ASI. Penularan dapat terjadi melalui hubungan intim, transfusi darah, jarum suntik yang terkontaminasi, antara ibu dan bayi selama kehamilan, bersalin, atau menyusui, serta bentuk kontak lainnya dengan cairan-cairan tubuh tersebut.
Jadi jika tidak ada kontak langsung antara membran mukosa antara penderita dengan bukan penderita maka tidak dapat terjadi penularan. Saat ini Anda tidak perlu mengkhawatirkan diri Anda selama tidak ada kontak langsung. Untuk ke depannya jika Anda ingin cukur rambut pastikan Anda meminta agar menggunakan silet yang sekali pakai. Namun perlu diketahui resiko pemakaian silet cukur bergantian atau benda-benda yang sifatnya dapat melukai bisa beresiko terkena penyakit Hepatitis C.
Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.
Salam,

Ditulis oleh:
dr. Dyah Novita Anggraini
Anggota Redaksi Medis
Klikdokter.com
Sumber. http://www.klikdokter.com